Rabu, 06 Desember 2017

Habib Rizieq dan NKRI Bersyariah



#NKRIbersyariah adalah buah pemikiran politik Habib Muhammad Rizieq bin Husein bin Shihab. Gagasan politik beliau adalah upaya mensintesiskan konsep nasional NKRI dengan ajaran Islam yang merupakan agama mayoritas di Indonesia.

Tujuannya adalah menjadikan negara Indoenesia yang berhaluan Pancasila tetap berjalan seiring, seirama dan sejiwa dengan ajaran Islam. Pancasila yang akhir-akhir ini banyak disalahtafsirkan dan cenderung disandingkan dengan ideologi nasionalis-sekuler, sosialis atau ideologi liberal, sesuai dengan penafsiran masing-masing orang. Untuk itu Habib Rizieq coba menawarkan sebuah gagasan dimana Pancasila dan Islam untuk dapat bejalan berdamping dan beriringan sebagaimana yang dicita-citakan oleh para bapak pendiri bangsa pada masa pergerakan kemerdekaan.

Tidak mungkin Pancasila dan NKRI mengkhianati ummat muslim yang menjadi cikal bakal Pancasila. Untuk itu, konsep NKRI bersyariah adalah sebuah gagasan gemilang yang hadir guna memastikan masa depan Indonesia yang adil dan beradab dalam bingkai syariah dengan tetap menghormati pemeluk agama lainnya di Indonesia.

Gagasan politik filosofis dari Habib Rizieq ini bukan sesuatu yang terpisah dari mata rantai sejarah Indonesia, melainkan, ianya adalah sebuah gagasan yang lahir dari rahim NKRI, bersumber dari para bapak pendiri bangsa ini yang coba dikembangkan dan dipadukan agar seusai dengan konteks ajaran Islam dan perkembangan zaman.

#NKRIbersyariah adalah jawaban bagi masa depan Indonesia yang adil dan beradab. Adil dan beradab, dua kata kunci yang berasal dari bahasa Arab dan mempunyai makna penting dalam ajaran Islam.


Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search